Tips Cara Agar Tidak Tertipu Dengan Lowongan Kerja Palsu

Tips Cara Agar Tidak Tertipu Dengan Lowongan Kerja Palsu - Update artikel kali ini Caratip.com akan memberikan Tips Bekerja yaitu tentang bagaimana cara agar tidak tertipu dengan lowongan kerja palsu. Bagi Anda yang sedang mencari info lowongan kerja tentu pernah melihat iklan lowongan kerja palsu atau penipu, yaitu lowongan kerja dari perusahaan yang tidak jelas. Salah satu ciri-ciri lowongan kerja palsu adalah iklan lowongan kerja yang tidak masuk akal dimana semua jabatan disamakan dengan syarat yang mudah, kemudian tertulis kontak via siapa dan membayar uang muka dengan alasan untuk biaya training kerja. Sebuah perusahaan yang benar-benar perusahaan tentu akan menanggung biaya training kerja dari calon karyawannya bukan malah sebaliknya, mau kerja cari uang, lah kok malam keluar uang. Jadi berhati-hatilah dengan lowongan kerja palsu.

cara agar tidak tertipu lowongan kerja
cara agar tidak tertipu lowongan kerja

Nah berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak tertipu dengan iklan lowongan kerja palsu:

1. Cari informasi perusahaan tersebut

Sebelum memutuskan membuat CV untuk dikirimkan pada perusahaan tersebut sebaiknya anda mencari informasi lengkap mengenai profil perusahaan tersebut. Anda dapat mencarinya di Internet. Serta pastikan kapasitas anda untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

2. Cari riwayat perusahaan

Baik buruknya sebuah perusahaan dapat anda ketahui jika berselancari di dunia maya. Terlebih jika perusahaan tersebut telah berkembang dan memiliki banyak cabang di beberapa daerah. Biasanya karyawan atau mantan karyawan akan menuliskan di blog pribadinya mengenai kondisi baik buruknya perusahaan yang pernah ia tempati bekerja.

3. Hindari panggilan kerja lewat SMS

Kadang – kadang kita mendapatkan penawaran kerja lewat SMS atau panggilan Interview melalui sms. Berhati – hatilah kecuali bila anda pernah memasukkan surat lamaran anda kepada perusahaan tersebut. Bila anda ragu maka sebaiknya anda tidak mengikuti ajakan panggilan atau interview tersebut sebab bisa jadi anda akan ditipu nantinya.

4. Gunakan insting

Ketika masuk ke dalam perusahaan untuk melakukan interview gunakanlah insting anda untuk mengamati keadaan di dalam ruangan tersebut. Perusahaan yang berkualitas adalah yang memiliki ruangan yang rapi, teratur, serta jelas tempat nama dan ijin perusahaannya. Bila anda merasa perusahaan tersebut tidak beres maka sebaiknya anda menolak di interview dan jangan berikan informasi apapun kepada perusahaan tersebut.

5. HIndari membayar uang dimuka

Perusahaan professional dan benar – benar membutuhkan karyawan tidak akan meminta uang sedikitpun dari anda para pencari kerja, justu sebaliknya. jadi hindarilah bila anda ditawarkan untuk membeli produk tertentu saat sesi tanya jawab atau interview.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak tertipu dengan iklan lowongan kerja palsu. Satu lagi iklan lowongan kerja yang palsu adalah untuk mendapatkan karyawan atau korban bar, biasanya mereka menyebar brosur iklan lowongan kerja di lampu merah pinggir jalan. Iklan lowongan kerja palsu biasanya nanti ujung-ujungnya kerjanya jadi sales keliling, kalau gak percaya coba aja. Tapi sebaiknya jangan, buang-buang waktu saja, lebih baik cari kerja yang jelas dan benar.

Bagaimana? bagi Anda yang sudah ada niat untuk melamar kerja sesuai dengan lowongan kerja palsu, sebaiknya batalkan saja. Bagi Anda yang sudah mengalaminya, Anda bisa berbagi pengalaman Anda lewat form komentar dibawah. Semoga tips diatas bermanfaat buat Anda.

Tags:
cara agar tidak tertipu lowongan kerja palsu, cara mencegah penipuan berkedok lowongan kerja
Tips Cara Agar Tidak Tertipu Dengan Lowongan Kerja Palsu Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri