Pengin Kuat Puasa ?, Cobalah Tips Cara Membuat Menu Sahur Agar Kuat Berpuasa ini!

Tips Cara Membuat Menu Sahur Agar Kuat Berpuasa - Membuat menu Sahur puasa bisa mempengaruhi kondisi tubuh saat berpuasa dari pagi hingga sore hari. Puasa adalah bagaimana cara Anda bisa mengolah fisik dan batin Anda dengan menahan hawa nafsu. Meskipun tidak ada anjuran harus makan sahur dengan menu tertentu tetapi jika Anda mampu alangkah baiknya Anda memperhatikan menu makanan sahur Anda agar nantinya bisa memberikan energi yang tahan lama sehingga kuat berpuasa seharian.

Dengan memperhatikan menu makanan waktu sahur maka nutrisi dan gizi yang di perlukan oleh tubuh akan tetap seimbang meskipun berpuasa, hal itu juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi di saat berpuasa. Berikut ini beberapa menu Sahur menurut Blog Caratip.com yang bisa memberikan energi cukup agar kuat berpuasa sehari penuh:

Tips Cara Membuat Menu Sahur Agar Kuat Berpuasa

1. Nasi
Sebagai makanan pokok sumber karbohidrat, Anda harus makan nasi. Karbohidrat yang ada pada nasi akan memberikan cadangan energi yang cukup selama berpuasa seharian. Anda bisa mengambil nasi 1 sampai 2 piring saat sahur untuk orang dewasa, untuk anak-anak cukup 1 piring saja. Ingat, selain nasi Anda harus juga makan sayuran atau lauk sebagai penyeimbang gizi, jadi jangan hanya mengejar kenyang saja karena yang penting adalah nutrisi gizinya.

2. Sayuran
menu sahur puasaSayuran mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang bisa memberikan nutrisi gizi ke dalam tubuh Anda agar metabolisme tubuh Anda saat berpuasa tetap lancar. Dengan mengkonsusi sayuran saat berpuasa maka Anda juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi di tubuh Anda. Contoh sayuran yang bisa Anda makan adalah kangkung, bayam, slobor, kobis, kacang panjang dsb.

3. Daging tanpa lemak
Contohnya adalah daging ayam kampung. Daging tanpa lemak memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga lambung kita akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya. Otomatis, perut kita bisa merasakan kenyang bahkan hingga tengah hari.

4. Kacang hijau atau Susu kedelai
Contohnya Energen kacang hijau, Anda bisa meminumnya setelah Anda makan. Tambahkan minuman kacang hijau atau susu kedelai untuk sahur Anda, selain memang terbukti bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama, minuman ini juga sangat kaya akan protein dan serat.

5. Buah-buahan
Contohnya seperti apel, jeruk, mangga, semangka, melon, pisang, jambu air. Buah-buahan akan memberikan nutrisi vitamin untuk tubuh Anda sehingga bisa memberikan kekebalan untuk tubuh Anda di saat berpuasa.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara membuat menu sahur agar kuat berpuasa sehari penuh menurut Blog Caratip. Semua menu yang akan Anda sajikan untuk sahur tentunya harus di sesuaikan dengan keuangan keluarga Anda, karena kadang dengan adanya bulan puasa pengeluaran malah terasa lebih banyak dari biasanya. Semoga tips diatas bermanfaat buat Anda semua. Baca juga Tips Sehat Berpuasa.

Tags:
menu sahur yang sehat, apa menu sahur yang menyehatkan, cara membuat menu sahur agar kuat puasa seharian
Pengin Kuat Puasa ?, Cobalah Tips Cara Membuat Menu Sahur Agar Kuat Berpuasa ini! Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri