Caratip.com

Kumpulan Artikel Menarik

Cara Mengobati Mimisan Secara Alami

Cara Mengobati Mimisan Secara Alami, Penyebab Mimisan, Obat Mimisan - Update artikel kali ini blog Caratip.com akan membahas tentang Tips Kesehatan yaitu cara mengatasi mimisan, cara mengobati mimisan, cara menyembuhkan mimisan, cara alami mengobati mimisan. Mimisan atau bahasa medisnya "epistaksin" adalah pendarahan yang keluar dari lubang hidung, pendarahan tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan bisa terjadi pada balita, anak, dan orang dewasa. Sebelum Anda mengobati mimisan akan lebih baik Anda ketahui dulu apa penyebab mimisan itu.

(orang terkena mimisan)

Banyak hal yang menyebabkan kenapa mimisan tersebut bisa terjadi, salah satunya faktor perubahan cuaca. Berikut ini beberapa faktor penyebab terjadinya mimisan yang perlu Anda ketahui:

  1. Cuaca Panas
    Pada saat cuaca di sekitar kita panas, maka kelembabanpun berkurang maka terjadilah bagian setrum mengering. Dan pada kondisi tersebut iritasitasi terjadi dan pendarahan keluar.
     
  2. Tumor
    Mimisan juga dapat terjadi jika seseorang menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan di hidungnya.
     
  3. Saat Demam Berdarah
    Dalam keadaan infeksi sistemik seperti demam bedarah anak juga dapat mengalami mimisan, biasanya ini pertanda bahaya pada kasus demam berdarah tersebut dan anak harus mendapatkan perawatan intensif. Pada keadaan demam berdarah mimisan seringkali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan karena demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan karena sebab lain.
    Bahaya atau tidaknya mimisan sangat tergantung dari penyebabnya. Mimisan karena demam berdarah sangat berbahaya karena itu pertanda stadium berat.

Cara Mengobati Mimisan Secara Alami

Setelah Anda tahu penyebab terjadinya mimisan maka Anda bisa mengatasi dan mengobati mimisan sesuai dengan penyebabnya tersebut. Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan pada orang yang kena mimisan adalah seperti berikut ini:

1.Dudukkan penderita mimisan, agar hidung lebih tinggi dari jantung. Jangan suruh tidur telentang sebab aliran darah ke hidung bertambah deras dan darah dapat tertelan ke belakang.

2.Bungkukkan badannya ke depan sedikit, lalu beri instruksi agar bernafas dari mulut.

3.Tekan cuping hidung selama kurang lebih lima menit.
4.Carilah daun sirih sebanyak 2 lembar sebagai obat mimisan. Cara penggunaannya adalah Anda cuci dulu daun sirih tersebut sampai bersih kemudian di gulung dan kemudian masukkan kedalam lubang hidung yang kena mimisan.

5.Tunggulah beberapa saat sampai pendarahan di hidung berhenti, jika pendarahan tidak berhenti juga setelah di beri daun sirih dan tetap mimisan juga maka langkah terakhir adalah bawa ke dokter agar di tangani lebih lanjut.

Demikianlah beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi mimisan dan mengobati mimisan baik yang terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Sekecil apapun sakit Anda sudah seharusnya Anda perhatikan baik-baik agar nantinya tidak berakibat fatal. Baca juga Asam Mefenamat: Obat Penghilang Nyeri Sakit Gigi Berlubang Yang Manjur.

Tags:
cara mengobati mimisan secara alami, cara alami mengatasi mimisan, cara cepat menyembuhkan hidung mimisan, obat tradisional hidung mimisan, obat mimisan di apotik
Cara Mengobati Mimisan Secara Alami Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri