Cara Membuat Menu Buka Puasa Yang Enak dan Menyehatkan

Cara Membuat Menu Buka Puasa Yang Enak dan Menyehatkan - Berbuka puasa adalah saat yang di tungu-tunggu bagi Anda sedang berpuasa sehari penuh. Membuat menu buka puasa yang enak akan lebih terasa nikmat lagi karena setelah seharian berpuasa, sore harinya Anda bisa makan enak lagi. Meskipun demikian makanan yang enak juga harus menyehatkan, jangan sampai saking Anda keenakan makan, nanti tidak bisa sholat tarawih karena Anda kena mencret. Kali ini admin akan berikan tips cara membuat menu buka puasa yang enak dan menyehatkan.

Untuk membuat menu buka puasa yang enak dan menyehatkan, yang harus Anda perhatikan adalah janganlah membuat makanan yang pedas-pedas apalagi terlalu pedas, karena itu tidak baik bagi perut Anda. Hal itu di karenakan jika tiba-tiba perut yang sudah kosong sehari penuh tiba-tiba di masuki makanan pedas maka efeknya tidak baik bagi kesehatan, contohnya seperti mencret dan sakit perut. Nah, berikut ini beberapa menu buka puasa yang enak dan menyehatkan bagi tubuh Anda:

Cara Membuat Menu Buka Puasa Yang Enak dan Menyehatkan

1. Air putih dan Kolak dingin atau Es Campur Susu
Pertama-tama Anda harus minum air putih segelas dulu untuk menyiram atau membasahi tenggorokan Anda hingga ke lambung atau perut Anda. Ini sebagai tanda agar tubuh siap menerima makanan yang masuk ke perut Anda setelah seharian berpuasa. Ingat! Anda harus minum air putih segelas dulu sebelum makan makanan yang lain. Setelah itu Anda bisa minum minuman pendamping seperti kolak atau es campur susu untuk melegakan tenggorokan Anda. Akan tetapi janganlah minum kebanyakan agar nanti Anda tidak menjadi kenyang karena kolak atau es campur. Setelah Anda minum air putih, kolak atau es campur, kemudian Anda bisa sholat maghrib dulu sambil menunggu minuman di serap oleh tubuh untuk menyiram semua angota tubuh Anda. Nanti setelah sholat maghrib, Anda bisa mulai makan nasi dan lauknya.


2. Nasi dan Lauknya
Setelah Anda sholat maghrib, barulah Anda makan nasi beserta lauknya seperti sayuran dan lauknya. Contohnya sayur kangkung, slobor, kobis, bayam, kacang panjang, tahu, tempe, daging ayam jika ada. Makanlah cukup sepiring saja, jangan terlalu kenyang agar nanti tidak merasa kantuk saat mengikuti sholat tarawih. Nanti gampang, setelah sholat tarawih, Anda bisa makan lagi sepuasnya.

3. Buah-buahan
Sebagai makanan penutup dan penyegar, Anda bisa makan buah-buahan seperti semangka, apel, jeruk, melon, jambu, pisang dsb. Makanlah buah secukupnya untuk melengkapi nutrisi vitamin pada tubuh Anda.

Itulah beberapa tips membuat menu buka puasa yang enak dan juga menyehatkan. Dengan makan makanan berbuka puasa yang enak dan menyehatkan maka tubuh Anda akan selalu terjaga kesehatannya. Tentunya Anda harus makan sesuai dengan aturan, jangan hanya melampiaskan nafsu makan Anda saja di saat berbuka puasa, maksudnya mentang-mentang sudah berpuasa sehari penuh, ketika dengan adzan maghrib, Anda langsung menyerbu dan melahap semua makanan yang ada. Itu hal yang tidak baik dan tidak menyehatkan jadi jangan seperti itu. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda semua. Baca juga Tips Cara Membuat Menu Sahur Agar Kuat Berpuasa Sehari Penuh.

Tags:
menu buka puasa yang sehat, menu buka puasa menyehatkan, menu buka puasa yang enak, cara membuat menu buka puasa yang enak dan menyehatkan
Cara Membuat Menu Buka Puasa Yang Enak dan Menyehatkan Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri