Cara Mengatasi Varises Secara Alami Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Varises Secara Alami Terbukti Ampuh - Varises adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah vena, hal ini di tandai dengan adanya tonjolan atau benjolan dari pembuluh darah yang terlihat, biasanya terjadi di bagian kaki. Varises termasuk penyakit yang tidak menular, meskipun demikian, menghilangkan varises harus di lakukan, karena cukup membahayakan seseorang. Bayangkan saja, jika kaki yang terkena varises tersebut sobek terkena benda tajam, tentunya akan terjadi pendarahan hebat.

cara menghilangkan varises
(kaki terkena varises)

Kali ini Caratip.com akan membahas bagaimana cara alami menghilangkan varises, cara mengatasi varises secara alami, cara cepat mengobati varises. Meskipun Anda bisa saja membeli obat penghilang varises yang ada di apotik terdekat yang bisa Anda tanyakan pada Apoteker. Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu penyebab terjadinya varises.

Secara umum varises di sebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Faktor genetik/keturunan
Varises yang muncul di usia muda kemungkinan besar dipicu adanya faktor genetik.
2. Kehamilan
Pada saat hamil terjadi peningkatan hormon progesteron, berat badan, dan tekanan pada pembuluh darah vena. Kombinasi hal-hal ini menyebabkan aliran darah pada perut bagian bawah, pangkal paha, tungkai, sampai kaki terhambat.
3.Banyak berdiri
Posisi ini akan memperberat kerja pembuluh darah vena di tungkai karena harus melawan gaya gravitasi dalam waktu yang lama.
4.Sering memakai sepatu berhak tinggi
Kondisi ini membuat fungsi otot betis dalam membantu kerja pembuluh darah di tungkai tidak maksimal sehingga beban kerja pembuluh darah vena makin berat.
5.Kurang gerak
Gaya hidup modern seringkali membuat kita kurang gerak seperti pekerjaan lebih banyak duduk di belakang meja, kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor, eskalator dan lift menggantikan fungsi tangga, dan ditambah kurang berolah raga membuat otot tungkai tidak berfungsi maksimal.
6.Merokok
Banyak zat berbahaya dalam rokok yang membuat pembuluh darah menjadi kaku/berkurang elastisitasnya.
7.Diabetes (kencing manis) dan Kolesterol darah yang tinggi

Penyakit varises erat kaitannya dengan terjadinya obesitas/kegemukan dan peredaran darah yang tidak lancar. Beberapa Gejala varises yang perlu Anda ketahui antara lain adalah

1.Kaki terasa berat, otot kaki pegal-pegal dan kaku, kadang-kadang nyeri. Keluhan terutama muncul di malam hari.
2.Kram otot yang terjadi tidak hanya saat beraktifitas tapi juga saat santai.
3.Pelebaran pembuluh darah halus seperti jaring laba-laba sampai yang tampak sebagai urat-urat menonjol berkelok-kelok pada kasus varises yang kronis.
4.Perubahan pigmentasi (warna kulit) di seputar mata kaki. Pada beberapa kasus bisa disertai luka yang sulit sembuh di daerah mata kaki.
5.Pembengkakan di daerah tungkai akibat bendungan pembuluh darah.

Cara Alami dan Ampuh Mencegah dan Menghilangkan Varises

Untuk varises yang ringan umumnya dapat diatasi dengan menghindari faktor pemicu varises dan melakukan hal-hal yang memperlancar aliran darah. Pada kasus varises kronis dan yang sudah mengakibatkan komplikasi perlu penanganan lebih lanjut secara medis untuk menghilangkannya. Terapi medis yang tepat juga sangat penting untuk varises yang disebabkan oleh penyakit kronis seperti diabetes/kolesterol tinggi. 

Berikut ini cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan varises:

1.Jangan berdiri terlalu lama.
Bila pekerjaan anda mengharuskan posisi berdiri dalam waktu yang lama, upayakan mengistirahatkan kaki secara berkala, gerak-gerakkan kaki (seperti jalan di tempat) untuk menghindari posisi berdiri yang statis.

2.Hindari pemakaian hak tinggi terlalu lama/terlalu sering
Sebaiknya hak sepatu yang anda gunakan untuk aktifitas sehari-hari tidak lebih dari 5 cm.

3.Lakukan gaya hidup sehat
Olah raga rutin yang menguatkan otot tungkai (jogging, renang, jalan cepat, atau bersepeda) dan menghindari rokok adalah cara efektif meningkatkan fungsi pembuluh darah.

4.Diet Sehat Anti Varises
Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran, penuhi kebutuhan harian akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vit E, vit C, vit B6, asam folat, magnesium, zinc, dan kalsium. Konsumsi jenis makanan yang merangsang aliran darah seperti jahe , cabai merah, bawang merah, bawang Bombay, dan bawang putih. Hindari konsumsi yang berlebihan jenis makanan berikut: gorengan, protein hewani, gula, garam, dan daging merah.

5.Relaksasi Tungkai
Sebisa mungkin selonjorkan kaki. Setelah aktifitas, berbaring dengan mengganjal tungkai sehingga posisi kaki lebih tinggi dari jantung selama sekitar 20 menit untuk mencegah varises. Bila anda sudah bermasalah dengan varises sebaiknya anda tidur dengan posisi seperti ini sepanjang malam.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara menghilangkan varises, selain dengan cara alami tersebut, Anda juga bisa melakukan terapi medis. Terapi medis untuk varises bervariasi mulai obat-obat yang memperlancar aliran darah, stocking khusus varises, injeksi pada pembuluh darah yang melebar, sampai tindakan operasi. Sebelum masalah varises anda makin parah segeralah melakukan langkah-langkah dalam cara menghilangkan varises diatas dengan konsisten.

Tags:
cara alami menghilangkan varises, cara mengatasi varises secara alami, cara cepat mengobati varises, obat varises di apotik
Cara Mengatasi Varises Secara Alami Terbukti Ampuh Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri