Caratip.com

Kumpulan Artikel Menarik

Cara Menyembelih/Memotong Hewan Qurban Dengan Benar

Cara Menyembelih Hewan Qurban Dengan Benar - Hari raya Idul Adha ditandai dengan adanya penyembelihan hewan qurban, karena itulah dinamakan juga idul qurban. Bagi Anda yang mempunyai rejeki berlebih tentu ingin membeli hewan qurban, kemudian menyembelihnya dan kemudian dibagikan buat para sesama yang berhak menerimanya. Lalu bagaimana cara menyembelih hewan qurban yang benar ?

Cara Menyembelih/Memotong Hewan Qurban Dengan Benar
(Cara menyembelih hewan qurban yang benar)

Untuk menyembelih hewan qurban bukan hal yang mudah, apalagi kalau yang disembelih itu hewan qurban yang besar seperti sapi, tentu caranya cukup sulit. Seorang penyembelih hewan qurban juga harus tahu doa dan cara-cara penyembelihannya. Nah bagi nda yang ingin tahu bagaimana cara menyembelih hewan qurban yang benar, berikut ini saya bagikan tips beberapa tata cara menyembelih hewan qurban yang benar dan halal:

1. Hewan dirobohkan pada bagian kiri dengan posisi kepala menghadap kiblat.

2. Membaca basmallah ketika akan menyembelih hewan.

3. Hewan disembelih di lehernya dengan sekali gerakan tanpa mengangkat pisau dari leher, memutuskan tiga saluran, yaitu saluran pernafasan, saluran makanan, dan pembuluh darah.

4.Setelah hewan yang disembelih dan benar-benar mati, hewan tersebut digantung dengan posisi kepala di bawah dan kaki belakang diikat ke atas agar pengeluaran darah dapat berlangsung sempurna, mencegah terjadinya kontaminasi silang dan memudahkan penanganan.

5.Saluran makanan dan anus diikat, agar isi lambung dan usus tidak mencemari daging.

6. Pengulitan hewan dilakukan secara hati-hati dan bertahap, diawali dengan membuat sayatan pada bagian tengah sepanjang kulit dada dan perut, dilanjutkan dengan sayatan pada medial kaki.

7. Isi rongga dada dan rongga perut dikeluarkan secara hati-hati agar dinding lambung dan usus tidak tersayat atau robek.

8. Pisahkan jeroan merah yang terdiri dari hati, jantung, paru, limpa, dan ginjal, dengan jeroan hijau yang berisi lambung, juga usus oesophagus (saluran pernafasan).

9. Pemeriksaan hewan yang telah dipotong terhadap daging jeroan dan kepala yang dilakukan oleh dokter hewan, dan atau paramedik Veteriner (perawat, mantri hewan) dibawah pengawasan dokter hewan.

10. Daging segera dipindahkan ke tempat khusus untuk penanganan lebih lanjut.

11. Jeroan dicuci dengan air bersih dan limbah cucian tidak dibuang ke selokan atau sungai.

Itulah tips bagaimana cara menyembelih hewan qurban yang benar dan halal, semoga bermanfaat buat Anda terutama yang sedang mencari info tentang cara menyembelih hewan qurban. Baca juga Kumpulan SMS Selamat Idul Adha Terbaru.

Tags:
cara menyembelih hewan qurban yang benar, cara memotong hewan kurban yang baik dan benar, doa memotong hewan kurban, contoh hewan kurban
Cara Menyembelih/Memotong Hewan Qurban Dengan Benar Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri